Dasar Utama Pemakaian Power Supply HP

Dalam proses perbaikan ponsel, pemakaian power supply HP merupakan hal yang sangat penting. Alat ini memiliki kontribusi yang sangat besar untuk melakukan analisa terhadap kerusakan yang sedang terjadi. Alat ini berfungsi sebagai pendeteksi tegangan dan pengganti baterai. 

Setiap teknisi pasti menyadari bahwa setiap kerusakan yang terdapat pada ponsel harus dianalisa lebih dulu melalui tegangan yang dihasilkan oleh power supply. Dalam hal ini, setidaknya ada dua dasar utama yang harus dipahami oleh teknisi saat memakai power supply.

1. Langkah Penting Pemakaian Power Supply

Sebelum memakai power supply HP, baca dulu petunjuk manual yang tertulis dalam buku dan pastikan penggunaannya selalu sesuai menurut fungsinya. Setelah itu hubungkan komponen PSU dengan sumber tegangan listrik.

Langkah berikutnya, DC Power Supply dihidupkan dengan cara menekan tombol On hingga jarum voltage-nya berada di angka 3,6 hingga 5 volt, sesuai voltage di baterai ponsel. Dari sini kemudian hubungkan kabel yang jadi titik tumpu dengan PSU. Perlu dicatat, kabel merah merupakan kabel positif dan kabel hitam adalah kabel negatif.

Kemudian untuk output, memiliki empat macam warna. Pertama adalah warna merah, mempunyai peran positif, kedua hitam berperan sebagai negatif dan hijau atau biru sebagai baterai temperature. Sedangkan yang terakhir adalah warna kuning, merupakan BSI atau Battery System Information.

2. Teknik Analisa

Setelah sistem pemakaian power supply HP dipahami dan dipraktekan secara benar, barulah bisa melangkah ke teknik analisa. Di sini harus dipastikan pula jika PSU dalam kondisi hidup dan kabel beserta tegangan sudah terpasang dan disetting dengan baik dan tepat.

Setelah itu kabel merah langsung dihubungkan di baterai pada posisi positif dan kabel hitam ada di posisi negatif. Kemudian saklar dihidupkan dengan cara menekan tombol On. Jika sudah hidup, teknisi dapat melakukan analisa dengan cara mengamati angka-angka yang ditunjukan oleh jarum amper. Angka yang terdapat di display power supply HP inilah yang dapat dijadikan sebagai analisa awal untuk menentukan jenis kerusakan ponsel, apakah terjadi di bagian hardware atau software.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *