Jangan Panik! Ini Cara Memperbaiki Solder Uap Yang Rusak

Memiliki peralatan seperti solder uap atau blower, harus mengetahui seluk beluk dan cara menggunakannya dengan baik. Bukti jika Anda mengetahui dengan baik terhadap sebuah blower, yaitu dengan mengetahui kerusakannya pada saat sedang tidak berfungsi dan memperbaikinya. Untuk Anda yang masih belum mengerti bagaimana memperbaiki sebuah blower, agar bisa lebih mengerti ikuti tips berikut ini.

  1. Solder Tidak Keluar Panas

Barang seperti solder biasanya digunakan pada saat panas, karena itulah cara menggunakan sebuah solder. Sehingga, akan terasa aneh jika solder Anda tidak mengeluarkan panas. Artinya, solder Anda sedang bermasalah dan harus segera diperbaiki.

Cara memperbaiki solder dengan masalah seperti itu adalah dengan cara melepas sekrup-sekrupnya tersebut yang sudah mengikat solder Anda. Serta periksa juga bagian soket kabel yang sangat mempengaruhi koneksi solder, apakah ada bagian soket tersebut yang lepas. Karena, panas tidak akan keluar jika soket tersebut terlepas yang artinya harus disatukan kembali lepasannya tadi.

  1. Solder Mengeluarkan Bunyi

Apakah Anda memiliki solder uap yang mengeluarkan bunyi, berarti Anda perlu melihat kesalahan yang terdapat pada solder tersebut. Oleh karena itu, perlu Anda perbaiki solder tersebut dari kerusakannya. Solusinya, dengan melepas semua sekrup yang ada lalu Anda pasang casing penutup dan nyalakan kembali blower dijamin bunyi akan hilang seketika.

  1. Solder Mengeluarkan Aliran Listrik (Setrum)

Jika solder uap Anda tiba-tiba mengeluarkan listrik yang menyengat atau setrum pada bagian badan atau body, artinya solder tersebut perlu perbaikan. Keluarnya setrum pada bagian badan solder adalah karena renggangnya arus atau kumparan negatif, dapat diatasi dengan cara mengencangkan sekrup yang lepas atau renggang tadi.

  1. Potensio/Tuner

Fungsi potensio pada sebuah blower adalah untuk mengatur besar atau kecilnya arus listrik sesuai yang Anda inginkan. Oleh karena itu, jika bagian ini mengalami kerusakan agak sedikit menyulitkan. Tapi tetap ada solusinya, dengan cara menggunakan anti karat spray dan kuas lembut. Permasalahannya tetap dikarenakan solder kurang kuat. Selain itu, jika kaki-kaki potensio putus maka Anda harus menggantinya dengan yang baru.

  1. Solder Tidak Mengeluarkan Angin

Dalam penggunaan solder uap, biasanya akan mengeluarkan angin. Jika itu tidak terjadi, artinya solder atau blower Anda memang sedang rusak. Cara memperbaikinya dengan melihat tempat keluar masuknya angin, apakah ada kebocoran di bagian tersebut. Jika memang ada, itulah masalahnya dan Anda perlu mengatasi kebocoran tersebut.

  1. Solder Mati Total

Dari semua masalah yang terjadi pada solder Anda, hal terakhir ini mungkin yang lebih fatal. Jika solder Anda mengalami mati total, artinya Anda harus memperbaiki. Untuk kasus yang satu ini, ada dua penyebab dari mati totalnya blower.

Penyebab pertama adalah rusaknya tombol power atau tombol on/off atau tombol tersebut aus, kedua karena sekringnya putus. Oleh karena itu, perlu diperbaiki dengan cara mengganti sekring yang putus akibat tegangan tinggi. Selain itu, untuk masalah tombol power diakibatkan dari soket kabel yang terlepas sehingga harus disambungkan kembali.

Itulah semua penyakit kerusakan yang bisa dialami oleh solder atau blower Anda, dan kini Anda mengetahui beberapa penyebab jika blower Anda tidak berfungsi. Bahkan, Anda pun bisa mengetahui cara memperbaikinya jika salah satu penyebab di atas terjadi pada blower Anda. Oleh karena itu, jangan Anda membuang solder uap Anda yang rusak tersebut jika Anda masih bisa memperbaikinya sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *