Kenali Alat Servis HP Untuk Solder

Saat memperbaiki komponen yang ada pada HP maka akan dibutuhkan peralatan solder. Alat solder tersebut menyambung dan menempelkan komponen ke tempatnya secara kokoh agar tidak bergeser. Alat servis HP untuk menyolder ternyata tidak hanya satu macam saja tetapi ada beberapa. Fungsi dari peralatan solder tersebut juga tidak sama terutama pada komponen dengan ukuran yang berbeda.

Pada komponen yang ada di HP ada bermacam-macam dan ukuran maupun jenisnya juga berbeda. Untuk memasangnya juga pasti akan membutuhkan peralatan solder yang berbeda pula. Ada yang ujung soldernya berukuran besar dan ada pula yang kecil. Ukuran ujung solder yang berbeda tersebut untuk memasang komponen dengan ukuran disesuaikan. Berikut peralatan solder yang dibutuhkan untuk memperbaiki komponen pada HP.

  1. Soldering Iron.

Peralatan solder ini umum untuk membantu perbaikan hampir semua komponen pada HP. Komponen yang berukuran kecil seperti transistor, resistor, regulator, kapasitor, dioda, speaker, layar dan mikrofon dapat memakai solder jenis ini. Untuk pegangan tangannya lebih aman sehingga tidak terasa panas. Untuk mendapatkan panas kabel dihubungkan dengan listrik.Alat servis HP ini sudah umum dipakai dan membutuhkan keahlian agar hasilnya menjadi lebih rapi.

  • Soldering Station.

Jenis solder ini memiliki 2 komponen yaitu bagian stasiun dan besi. Soldering station berfungsi untuk pengaturan suhu yang keluar nanti dari solder. Melalui pengaturan suhu ini maka setiap komponen yang berbeda dapat memperoleh perlakuan lebih pas. Peralatan ini akan membantu pekerjaan perbaikan menjadi lebih mudah dan cepat.

  • Hot Air Blower.

Peralatan ini menggunakan panas dari uap yang keluar dari ujung solder. Peralatan ini lebih aman dan pekerjaan menjadi lebih rapi. Pengaturan suhu dari uap panas yang keluar dapat diatur melalui tombol-tombol pada peralatan.

Alat servis HP sudah pasti akan memakai solder untuk memasang komponen kembali ke tempatnya. Solder akan membuat komponen terpasang lebih kencang sehingga tidak bergeser dan menyebabkan kerusakan kembali. Apabila ada peralatan jenis solder lainnya untuk memperbaiki komponen HP silakan menuliskan di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *