Kenali Kekurangan Solder Blower HP Untuk Servis

Memperbaiki HP yang rusak sudah pasti akan berhubungan dengan berbagai komponen elektronik. Pada saat akan melepaskan dan memasang komponen pada HP membutuhkan peralatan seperti solder. Ada dua jenis solder yaitu solder konvensional dan solder blower. Solder blower HP memakai uap panas untuk memasang dan melepaskan komponen. Sedangkan blower konvensional memakai panas logam yang diperoleh dari listrik.

Kelebihan dari solder blower yang tidak dimiliki oleh solder konvensional adalah adanya pengaturan suhu. Melalui pengaturan suhu inilah komponen dengan berbagai jenis dapat dilepaskan dan dipasang kembali dengan lebih mudah. Beberapa komponen membutuhkan panas yang pas agar tidak rusak. Jika memakai solder konvensional tidak dapat melakukan pengaturan suhu.

Namun meskipun terdapat banyak kelebihan pada solder blower apabila dibandingkan solder konvensional namun ada juga kekurangannya. Berikut kekurangan dari solder blower HP yang dipakai untuk servis.

  1. Sulit Diperbaiki.

Komponen yang ada pada solder blower terdapat kotak pengatur suhu keluar dan ujung solder untuk mengeluarkan hawa panasnya. Jika solder blower ini mengalami kerusakan maka untuk memperbaikinya lebih sulit dibandingkan memperbaiki solder konvensional. Sehingga jika peralatan ini rusak maka untuk memperbaikinya membutuhkan waktu dan biaya yang lumayan.

  • Kebutuhan Daya Listrik.

Uap yang dikeluarkan dari solder blower dapat menghasilkan panas. Untuk membentuk uap dan panas tersebut membutuhkan daya listrik yang lumayan besar. Apalagi jika uap yang dihasilkan cukup tinggi maka daya listriknya menjadi lebih besar. Berbeda jika memakai solder konvensional yang hanya membutuhkan panas saja dari ujung soldernya dan tentu saja daya listriknya tidak begitu besar.

  • Harga.

Harga solder blower dapat dikatakan relatif lebih mahal daripada solder konvensional. Bahkan harganya dapat mencapai 20 kali lipat dibandingkan solder biasa. Harga yang mahal ini karena terdapat komponen yang berfungsi untuk mengatur suhu panas.

Memakai solder blower HP memang terdapat beberapa kekurangan jika dibandingkan dengan solder panas yang konvensional. Tetapi pemilihan solder dapat disesuaikan dengan kebutuhannya. Apabila ada tambahan mengenai kekurangan dari solder blower maka silakan untuk menuliskan di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *