Sebelum Membawa Ponsel Rusak ke Tempat Servis, Lakukan Dulu Hal-hal Ini!

Menggunakan power supply HP untuk mempelajari kondisi ponsel yang bermasalah memang bisa Anda lakukan. Dengan catatan, Anda sudah menguasai prosedur dan membekalinya dengan alat-alat yang sesuai. Akan tetapi, kalau Anda masih pemula, ada baiknya menyerahkan dulu kerusakan ponsel kepada pihak yang berpengalaman.

Nah, sebelum membawanya ke tempat servis, lakukan dulu hal-hal berikut ini:

Mengenali masalah dan kerusakan

Meski mungkin Anda tak mengetahui penyebab pastinya, kenali dulu masalah yang dialami ponsel. Langkah tersebut akan memudahkan Anda menyampaikan kendala kepada teknisi servis. Misalnya, ponsel sering hang atau overheating yang mengganggu performa gawai. Dari sini, teknisi akan lebih mudah memastikan penanganan pada ponsel.

Periksa peralatan yang dipakai teknisi

Alat-alat yang digunakan teknisi servis memang terbilang banyak, tetapi tak ada salahnya mengenali item-item yang paling sering mereka gunakan. Mengapa? Karena tak sedikit teknisi abal-abal yang memanfaatkan situasi demi meraup keuntungan besar. Beberapa peralatan yang umumnya dipakai teknisi mencakup solder, power supply HP, timah, hingga pembersih komponen dalam ponsel.

Survei tarif jasa yang dikenakan

Menemukan teknisi servis ponsel https://cody.id/produk/power-supply/ sangatlah mudah, apalagi kalau Anda pergi ke pusat perangkat elektronik. Namun, jangan cepat menjatuhkan pilihan pada teknisi yang mematok tarif yang jauh lebih murah ketimbang pesaingnya. Sebaiknya Anda kunjungi beberapa teknisi dan tanyakan tarif jasa yang dikenakan, lalu bandingkan untuk menemukan yang benar-benar cocok.

Jangan lama-lama meninggalkan ponsel

Besarnya tarif jasa yang dipatok kadang berubah tergantung kerusakan hingga durasi perbaikan. Maka sebelum menyepakati transaksi, ada baiknya Anda menanyakan berapa lama ponsel tersebut ‘menginap’ di konter. Jangan terlalu lama meninggalkan ponsel di tempat teknisi, terutama kalau kinerja mereka lamban.

Minta garansi atau jaminan

Sejumlah teknisi servis ponsel berani menyediakan garansi atau jaminan meski jangka waktunya lebih pendek dibandingkan gerai resmi (biasanya satu minggu sampai sebulan). Jika mereka tidak menawarinya di awal, jangan sungkan meminta. Cari teknisi lain yang menggunakan power supply HP berkualitas dengan layanan dan garansi terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *