Teknik Pengoperasian Solder Blower

Perangkat elektronik sering mengalami kerusakan dan harus dilakukan perbaikan. Untuk memperbaikinya akan berkaitan dengan komponen-komponen yang ada didalamnya dan membutuhkan peralatan khusus. Pada perangkat elektronik dengan komponen yang kecil membutuhkan peralatan yang berbeda seperti solder blower atau solder uap.

Fungsi dari solder uap tersebut adalah untuk memasang, mengangkat, memperbaiki dan mencetak komponen. Untuk mengoperasikan solder ini membutuhkan pengaturan tekanan panas agar dapat menghasilkan udara panas atau uap panas yang tepat. Keahlian dan ketelitian sangat dibutuhkan pada saat pengoperasian peralatan ini. Apalagi yang ditangani adalah komponen berukuran kecil. Kecermatan, ketepatan dan kesabaran juga dibutuhkan agar pemasangan komponen tepat.

Teknik Operasional Solder Blower

Cara operasional solder blower sebenarnya cukup mudah. Yang paling penting saat penggunaannya adalah pengontrolan suhu panas dan tekanan udara yang keluar saja. Tetapi memang jika belum pernah menggunakan dan belum ahli maka operasionalnya akan mengalami kesulitan. Berikut ini teknik operasional dari solder blower atau solder uap yang tepat.

  1. Menghubungkan tegangan listrik.

Agar solder dapat digunakan harus dihubungkan dengan tegangan listrik terlebih dahulu. Umumnya tegangan listrik yang dipakai adalah berdaya 110-220 VAC.

  • Pengaturan fungsi.

Untuk menghidupkan solder blower dilakukan dengan menekan tombol ON. Jika sudah selesai pemakaian dan ingin mematikan solder dapat menekan OFF. Bagian tombol on dan off tersebut terletak dalam satu lokasi.

  • Pengaturan tekanan panas.

Cara kerja dari solder ini tergantung pada uap yang keluar melalui mata solder. Uap yang keluar tersebut berkaitan dengan pengaturan tekanan panas. Untuk mengatur tekanan panas dapat dilakukan melalui tombol UP dan DOWN. Jika kurang panas tinggal memutar ke arah UP dan sebaliknya.

  • Pengaturan tekanan uap.

Uap yang membawa hawa panas akan keluar melalui ujung mata solder. Ujung solder tersebut diarahkan ke komponen yang dituju.

Solder blower merupakan peralatan yang dibutuhkan ketika harus memperbaiki perangkat elektronik dengan komponen berukuran kecil. Meskipun teknik pemakaian solder uap ini cukup mudah tetapi membutuhkan ketelitian, keahlian, ketepatan dan kesabaran dalam memasang komponen berukuran kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *